Jumat, 30 Maret 2012

Kiat Secangkir Kopi Panas

Pembaca yang budiman,
Salah satu hal yang membuat kita skizofrenia tak nyaman adalah ia tak bisa berpikir jernih dan tajam...pikiran yang tak jernih dan tajam, yaitu pikiran yang "berkabut", membuat kita malas-malasan, maunya tidur-tiduran...tak ada semangat untuk beraktifitas...kita akan merasa dunia ini penuh beban, nggak ada enaknya, meletihkan....akhirnya kita menengkurapkan dirinya di tempat tidur...berharap ke tak-nyamanan ini segera berakhir. Sebenarnya ini semua hanya karena kita tak dapat berpikir. Pikiran kita mungkin masih mengantuk atau efek obat promactil/CPZ yang belum hilang, yang memang menyebabkan kantuk. Untuk itu, jika tak bergairah dalam hidup karena perasaan nggak enak dan pikiran suntuk, obatnya sederhana saja: yaitu buatlah secangkir kopi panas...Insya Allah dengan menyeruput secangkir kopi panas otak akan enak berpikir...otak enak dibawa kerja dan melakukan tugas-tugas lainnya, baik untuk belajar bagi mahasiswa atau mencari uang tambahan bagi seorang karyawan...yah itulah manjurnya secangkir kopi panas bagi kita, membuat kita bisa berpikir jernih...dan memang itulah kelebihan skizofrenia yang rutin makan obat, kekuatan berpikirnya diatas rata-rata, yang dapat digunakannya untuk "kerja pikir" seperti mengarang, menulis dan karya seni atau lainnya....insya Allah...

4 komentar:

  1. Secangkir kopi panas emang bisa membuat kita tetap melek tapi kalo efeknya sudah habis akan terasa mengantuk dan bahkan melebih kantuk kita yang pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mas Sanak sudah mampir...iya Mas Sanak bisa begitu setelah kopi habis, kita malah lebih ngantuk...kalau kebetulan tidak ada kegiatan, saya biasanya tidur setelah tambah ngantuk...tapi seringnya saya ngopi lagi, baik sejak kuliah dulu maupun sampai kerja sekarang sebagai peneliti, karena dituntut harus berpikir untuk bisa kuliah dan kerja...sebenarnya ketika saya dirawat dulu, saya pernah mendengar perawat berkata jangan minum kopi kalau minum obat skizofrenia...tapi karena harus melek dan bisa berpikir, saya ngopi kadang sampai 3 gelas sehari, sejak tahun 1991 waktu kuliah dulu sampai sekarang...habis gimana Mas Sanak, life goes on, dan kita harus belajar atau mencari uang...tapi Alhamdulillah sampai sekarang saya nggak ada keluhan apa-apa mengenai ngopi dan obat ini...

      Hapus
  2. assalamuallaikum,,,,senang sekali ternyata dipertemukan aalloh swt dg bpk arifal,,saya jg mengalami hal senada,,,ketika sehabis mengkonsumsi obat seperti stelazine,neurofit e,mf,dan obat serbuk dalam balutan kapsul saya juga sering mengantuk karena efek obat tersebut,,,menyenangkannya dengan didoping secangkir kopi panas bisa mem-boost up kinerja otak,,,saya merasa segar sekali saat pernah suatu ketika mengajar privat seorang kawan,,,,,semoga dengan ikut komentar di blog ini juga bisa saling share ttg pengalaman sesama penderita skizophrenia,,,dan saling menyemangati untuk segera sembuh:)

    BalasHapus
  3. Assalammualaikum .. suami saya skizofrenia. Beliau tidak mengambil ubat sejak dari bulan 8 dan sekarang kelihatannya suka menyendiri. Adakah ini tanda awal penyakitnya akan berulang kembali?

    BalasHapus