Senin, 26 Maret 2012

Kiat Menulis dan Ketik-ketik

Pembaca yang budiman, bertahun-tahun yang lalu skizofrenia membuat saya berperasaan tumpul dan sukar fokus. Saya sukar mengerjakan tugas-tugas kantor...Jika menghadapi tugas yang sulit, bermacam-macam pikiran berseliweran di otak saya...Akhirnya alih-alih fokus memikirkan pekerjaan yang dihadapi, saya stres, karena perasaan merasa susah dan pikiran berseliweran tak tentu arah. Namun suatu ketika saya teringat pesan teman sesama angkatan berangkat studi ke Delft dulu. Ketika saya menyampaikan masalah saya yang ruwet ketika itu (1991), ia menyarankan: "tulis-tulislah apa yang ada dipikiranmu pada selembar kertas." Dan ternyata Pembaca yang budiman, kiat ini manjur sekali saya praktekan sejak tahun 1999.
Ketika saya memikir-mikir terus tanpa arah terhadap pekerjaan yang sulit, yang menyebabkan saya stres dan depresi, saya segera mengambil buku diary atau laptop....saya segera mengetik-ngetik di laptop: apa saja...saya curhat kepada Allah SWT tentang keadaan saya sepuas-puasnya...lalu saya mengetik-ngetik apa yang seharusnya saya lakukan,...dan apa saja yang ada di pikiran dan perasaan saya...Alhamdulillah, selagi mengetik-ngetik begini, pikiran saya jadi fokus dan perasaan jadi nyaman lagi, sehingga saya bisa mulai mengerjakan tugas-tugas kantor saya...Kiat ini selalu manjur bagi saya sampai saat ini...Alhamdulillah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar