Senin, 26 Maret 2012

Kiat Meng-Enjoykan hati


Pembaca yang budiman, banyak kiat-kiat yang saya temukan untuk survive dari skizofrenia setelah pertama kali menderita skizofrenia paranoid dan afek pada akhir tahun 1989...setelah saya perhatikan, ternyata skizofrenia (paranoid dan afek) itu menyerang perasaan (disamping terutama yang diserang adalah isi pikiran kita, disini saya berbicara bahwa paranoid nya sudah berkurang dulu dengan bantuan obat ya...). Saya jadi sakit perasaan dan jadi tumpul perasaan saya...Karena tumpul perasaan, maka saya secara tidak sadar (waktu itu belum paham seperti ini) saya mencari segala hiburan untuk mengenakan perasaan saya...maka saya nonton film, baik di TV maupun bioskop dan saya mendengarkan lagu-lagu, disamping saya juga mendengarkan nasyid dan lagu cinta rasul Haddad Alwi dan Sulis, juga tak lupa tilawah Qur'an maupun hanya dengar kasetnya ..dengan hal ini Alhamdulillah saya bisa survive sampai tahun 2011...Setelah sembuh secara signifikan pada tahun 2012 ini yang Insya Allah akan saya ceritakan sebabnya nanti, saya tak begitu tergantung lagi pada lagu-lagu, karena perasaan dan hati saya sudah bahagia tidak pecah lagi...Alhamdulillah...

4 komentar:

  1. Alhamdulillah, Anda sukses mengatasi rasa depresi Anda. Sedang saya masih bergelut dengan rasa hampa dan pikiran yang tumpul. Tiap habis ngumpul-ngumpul dengan teman-teman rasa sedih saya justru kian parah. Ada teman yang sedikit mencibir saja membuat saya sangat tersinggung. Padahal saya sarjana pendidikan tapi dalam hal meraih kebahagiaan kalah dengan orang yang lulusan SD bahkan mungkin buta huruf. Saya masih bekerja jadi PNS juga namun akibat depresi yang saya alami saya membuang kesempatan untu pindah kerja ke tempat yang lebih dekat dan untuk ikut seleksi bea siswa S.2. Saya tidak percaya diri untuk mengikutinya. Mohon saran dari Anda. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Anda telah berkunjung...Salam kenal kembali dari saya...
      (Saya jawab dalam beberapa kolom ya, karena satu kolom hanya bisa paling banyak 4000 karakter, Insya Allah)

      Terima kasih Anda telah berkunjung...Salam kenal kembali dari saya...
      Mengenai rasa hampa dan pikiran yang tumpul ini, saya Alhamdulillah dapat mengatasinya dengan mendengar lagu. Memang banyak pro dan kontra mengenai boleh atau tidaknya mendengar lagu ini dalam Agama Islam. Dulu, ketika belum mendapat lagu yang cocok, saya mendengar berbagai lagu yang populer di tengah masyarakat baik lagu ketika masih kecil, remaja sampai sekarang ini. Baik itu dari jenis pop, rock sampai heavy metal. Tidak semua lagu itu liriknya 'sehat', ada diantara liriknya yang agak vulgar, mengumbar tentang hubungan pria dan wanita yang dilarang agama , namun karena nadanya enak didengar, lagu itu saya dengar untuk nmembuat perasaan enak dan pikiran jadi bisa bekerja saya tetap mendengarkannya. Lagu-lagu itu, yang banyak diantaranya menyentuh perasaan dan emosi saya, membuat perasaan saya berwarna dan tidak hampa lagi. Tapi saya mendengarkannya bervariasi, hari ini senangnya dengan lagu A, besok senangnya dengan lagu B, eh lusa-nya lagu C yang membuat perasaan saya berwarna. Dengan perasaan berwarna dan tidak hampa itu, pikiran saya jadi tidak tumpul. Karena jiwa enak, pikiran jadi bisa bekerja tanpa gangguan, sehingga Alhamdulillah saya bisa mengerjakan tugas kantor dan tugas-tugas lainnya.
      Namun saya kadang-kadang tetap merasa berdosa karena banyak lagu-lagu itu liriknya yang tidak diperbolehkan dalam Agama Islam. Tapi Alhamdulillah akhirnya saya menemukan lagu yang pas buat saya, yang agaknya lagu ini sangat cocok dan bisa menyentuh perasaan kita skizofrenia, dan membangkitkan semangat. Lagu ini memecahkan rekor bagi saya dalam hal enak mendengarkannya selama berhari-hari dan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, agar perasaan saya tidak hampa, tapi jadi enak, enjoy, semangat, stabil dan kuat serta nyaman dan sangat terhibur. Dan terlebih lagi: lagu ini sopan dan saya yakin diperbolehkan dalam Agama karena membuat kita jadi lebih baik.
      Lagu tersebut adalah lagu "CARRY ON" (Terus Melangkah) yang dibawakan oleh Mbak Nicky Astria.

      Hapus
    2. Lagu tersebut adalah lagu "CARRY ON" (Terus Melangkah) yang dibawakan oleh Mbak Nicky Astria. Lagu ini berisi pesan agar kita selalu semangat dan agar kita berbuat kebaikan kepada orang lain dan kalau bisa kepada umat manusia.
      Lirik lagu Mbak Nicky Astria itu (di relesase tahun 2012)adalah sebagai berikut:

      "Carry On" (Terus Melangkah)
      by NICKY ASTRIA
      (Cipt. Youngky Soewarno/Maryati)

      Andai dunia tanpa cinta
      Gelaplah hidupmu dan hilang rasa
      Jangan pernah engkau menyerah
      Kuatkan dirimu untuk terus melangkah

      Carry on, carry on, buka mata hatimu
      Jangan kau padamkan harapan dan cintamu
      Carry on, carry on, waktu terus berlalu
      Berani melangkah ikuti nuranimu, carry on

      Dengan cinta di hatimu
      Hangatkan jiwa dan terang hidupmu
      Mengapa kau takut dan sembunyi
      Kini saatnya tunjukkanlah dirimu

      Carry on, carry on, buka mata hatimu
      Jangan kau padamkan harapan dan cintamu
      Carry on, carry on, waktu terus berlalu
      Berani melangkah ikuti nuranimu, carry on

      (carry carry on) carry on (carry on)

      (carry on, carry on, buka mata hatimu
      Jangan kau padamkan harapan dan cintamu
      Carry on, carry on, waktu terus berlalu
      Berani melangkah ikuti nuranimu, carry on)
      carry on

      Carry on, carry on,
      jangan kau padamkan
      harapan dan cintamu,
      carry on
      carry on, carry on, waktu terus berlalu
      Berani melangkah ikuti nuranimu,
      carry on, carry on
      *****

      Lagu Carry On terdapat dalam DVD Album Mbak Nicky Astria yang berjudul Retrospective, harganya Rp. 159.000 di toko DVD/CD. dalam Album itu ada video clip lagu Carry On ini besreta behind the scene nya serta 15 lagu lainnya.

      Mengapa saya menceritakan ini secara detil adalah karena kita skizofrenia sering mempumyai ide-ide cemerlang, mudah2an bisa kita manfaatkan buat kebaikan orang lain maupun untuk kemanusiaan. Sehingga misalnya kita jadi rajin membaca-baca buku untuk kita ajarkan untuk orang lain, atau untuk kita buat buku dengan ide baru berdasarkan buku2 yang kita baca tadi. Atau karena Anda seorang sarjana pendidikan jadi termotivasi membuat anak didik, siswa atau mahasiswa menjadi generasi muda yang berkarakter kuat. Namun untuk menutup kelemahan kita yang sering merasa hampa, dalam hal saya, saya perlu mendengar lagu Carry On ini terus menerus (saya rubah file CD nya jadi file mp3, lalu saya masukan dalam handphone saya sehingga saya bisa mendengarnya terus menerus)

      Mungkin Anda kurang cocok dengan pengalaman saya ini karena Anda tidak suka nlagu, namun jika tidak suka lagu, Anda bisa mendengar Nasyid, tilawah atau yang lainnya yang dapat menyentuh jiwa Anda sehingga hilang rasa hampa itu.

      Hapus
  2. Mungkin Anda kurang cocok dengan pengalaman saya ini karena Anda tidak suka nlagu, namun jika tidak suka lagu, Anda bisa mendengar Nasyid, tilawah atau yang lainnya yang dapat menyentuh jiwa Anda sehingga hilang rasa hampa itu. Lagu/nasyid/tilawah tadi adalah cara yang efektif, karena perasaan hampa yang kita rasakan itu MENYERANG KITA TERUS-MENERUS, sehingga saya jadi terus-menerus juga mendengarkan lagu Carry On Mbak Nicky Astria tersebut, agar bisa bekerja dan beraktifitas lainnya.
    Dan Insya Allah bisa juga menghilangkan rasa sedih setelah berkumpul dengan teman seperti yang Anda rasakan, dan juga cepat menghilangkan perasaan tersinggung jika ada teman yang tampaknya mencibir... Insya Allah.
    Dan jika hati dan perasaan Anda tidak hampa, tapi terwarnai dan terhibur, maka Insya Allah pikiran Anda tidak tumpul, pikiran Anda jadi bisa bekerja dengan memori-sistematika-logika-nya, sehingga Insya Allah bisa bekerja dan beraktifitas dan beribadah...Insya Allah...

    Demikianlah pengalaman saya, mudah-mudahan ada manfaatnya buat Anda...
    Salam,
    Arifal

    BalasHapus