Rabu, 18 April 2012

Kiat Cangkok

Pembaca yang baik hati...
Kita skizofrenia sering tak mempunyai emosi...emosi kita datar...kita tanpa motivasi...akhirnya kita sering jadi malas...tak mau beraktifitas...maunya tidur. Apabila ini terjadi, saya sering "mencangkok" perasaan saya waktu SMA (SMU) dengan masa sekarang ini...masa-masa SMA saya adalah masa-masa yang indah, yaitu masa-masa sebelum sakit (saya sakit ketika tingkat II waktu kuliah). Orang-orang berkata bahwa masa SMA adalah masa-masa yang sangat indah, dan ini juga benar-benar saya alami. Sebaliknya masa-masa setelah pertama kali sakit skizofrenia (onset) dan setelahnya, adalah masa tanpa motivasi...dan masa tidak dapat memperoleh kesenangan dari aktifitas yang sebelumnya kita enjoy melakukannya...masa setelah kena skizofrenia adalah masa yang penuh "prahara", depresi dan sebagainya. Untuk menghilangkan perasaan "prahara" skizofrenia ini, saya mengatasinya dengan mencangkok "perasaan-perasaan waktu SMA" ke masa saat ini...ini saya lakukan dengan mendengarkan satu lagu yang membawa saya ingat ke masa SMA itu...dalam hal ini saya mendengarkan lagu Forever Young-nya Alphavile yang sangat ngetop ketika saya SMA...saya dengar berulang-ulang dengan hp saya (saran saya jangan bermacam-macam lagu sekaligus, tapi satu lagu diulang-ulang, karena bermacam-macam lagu membuat perasaan kita campur aduk, tak stabil)...jika bosan dengan lagu ini, maka saya mendengarkan berulang-ulang satu lagu lain lagi yang saya dengar waktu sebelum sakit, misalnya lagu Caravan atau Smooth Criminal-nya Michael Jackson...demikianlah saya mencangkok perasaan saya saat ini dengan masa-masa SMA atau masa-masa sebelum sakit lainnya...dan ini berhasil membuat perasaan saya senang, emosi terisi tidak kosong...(tak lupa dengar lagunya diiringi dengan dzikir Alhamdulillah sebagai rasa syukur kepada Allah dengan enaknya perasaan ini)... sehingga bisa beraktifitas, bekerja mencari uang atau aktifitas lainnya...mudah-mudahan Pembaca juga demikian merasakannya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar