Senin, 30 April 2012

Kiat Baru Dikerjakan lagi

Pembaca yang budiman...
Kadang kita skizofrenia sedih, kok sekarang bete lagi bete lagi...Kemarin-kemarin kita mengerjakan hal-hal seperti biasa ini, ada semangat dan keasyikannya, namun sekarang kok kesenangan itu hilang...kita lesu, dan jadi kurang bergairah dalam menjalani kehidupan. Jika ini yang dialami pembaca, saya menyarankan cobalah mengerjakan sesuatu hal yang baru...atau sesuatu yang pernah dikerjakan namun telah lama tidak dikerjakan. Contohnya yang saya alami begini...saat itu hari libur, saya bete dan iseng-iseng memainkan hp saya...Ketika saya melihat-lihat fitur hp saya, saya lihat ada radio nya...saya jadi ingat lagi: dulu saya senang mendengarkan radio karena ada bekas kawan SMA (SMU) saya yang sekarang jadi Pembicara di suatu siaran Radio Swasta, tiap hari Jum'at...Saya senang mendengarkannya...Disamping acara yang ia bicarakan, saya juga jadi tertarik "memutar" gelombang-gelombang radio lainnya. Begitulah saya asyik mendengarkan radio. Namun kemudian, berminggu-minggu mendengar radio, luntur juga ketertarikan saya mendengar radio, saya mendengarkan mp3 yang saya beli dan membaca buku-buku yang baru. Nah ketika bete di hari libur itu, kemudian saya melihat radio di hp itu, maka saya asyik kembali mendengar radio...dan...perasaan asyik ini adalah yang kita butuhkan karena setelah gejala positif skizofrenia hilang dengan obat (gejala halusinasi dan delusi), kita harus memerangi gejala negatif yang lebih susah hilang dengan obat, berupa depresi, lack of emotion...yang salah satunya bisa kita perangi dengan adanya rasa asyik didalam jiwa kita...dan mudah-mudahan dengan mengerjakan sesuatu yang baru, atau mengerjakan hal yang telah lama tidak dikerjakan menjadi satu kiat untuk memperoleh keasyikan dalam diri kita sebagai modal untuk beraktifitas, baik ibadah maupun tugas lainnya...Insya Allah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar